Sunday, July 21, 2013

Mudahnya memindahkan Sistem Operasi dari komputer fisik ke komputer virtual.

Mungkin di rumah atau kantor kamu ada beberapa komputer lama yang jarang di pakai karena memang sudah ketinggalan jaman atau juga performanya sudah mulai menurun, boro-boro dapat membatu mengerjakan tugas kuliah atau pekerjaan kantor untuk membuka satu aplikasi tertentu saja butuh beberapa menit dan membuatmu sangat stress.
Tetapi kadang-kadang kamu masih membutuhkan komputer tersebut untuk beberapa hal, ntah hanya untuk maen game, menggunakan aplikasi di dalamnya yang mana game dan aplikasi di komputer lama tidak didukung di komputer baru atau juga karena ingin mengambil data yang ada di dalamnya. Selain memakan tempat komputer-komputer tersebut pasti berdebu karena jarang di pakai dan membuatmu enggan untuk memakainya.
Kalau memang begitu kenapa tidak di pindahkan saja komputer virtual atau di jadikan mesin virtual… memang bisa? Bisa!. Dengan memindahkannya ke komputer virtual akan memudahkanmu jika sewaktu-waktu harus menggunakan komputer tersebut. Kamu tidak perlu harus beranjak dari mejamu dan membersihkan debu yang ada. Untuk dapat menggunkan komputer, kamu tinggal menjalankan aplikasi Virtual PC atau sejenisnya kemudian menjalankan system operasi yang ada didalamnya.
Nah yang lebih asyik lagi, kamu tidak perlu mematikan sistem operasi yang sedang berjalan, kamu bisa menggunakannya secara bersamaan. Jadi natinya akan ada sistem operasi di dalam sistem operasi kamu. Jadi keduanya bisa saling berjalan bersamaan dan dapat berkomunikasi layaknya 2 komputer seperti biasanya. Untuk memindahkan data antar komputer bisa melalui jaringan dengan mengaktifkan virtual network dan memberikan IP address pada setiap sistem operasi dan melakukan file sharing biasa seperti pada komputer fisik.
Untuk dapat memindahkan sistem operasi dari komputer fisik ke komputer virtual kamu memerlukan sebuah aplikasi yang bernama Disk2Vhd yang dapat di download di sini http://download.sysinternals.com/Files/Disk2vhd.zip. Besar file aplikasi tersebut tak lebih dari 2 MB dan untuk menggunakannya tidak perlu menginstallnya dan satu lagi free.

No comments:

Post a Comment