Monday, September 16, 2013

Sistem Pakar HTML

HTML (HyperText Markup Language) merupakan bahasa standar untuk membuat suatu dokumen HTML (halaman web) yang terdiri dari kode-kode singkat tertentu, dimana dengan kode-kode tersebut akan memerintahkan web browser bagaimana untuk menampilkan halaman web yang terdiri dari berbagai macam format file seperti teks, grafik, animasi, link maupun video-audio.

Sedangkan web browser adalah sebuah program yang dapat menerjemahkan kode perintah dari dokumen HTML tersebut sehingga dapat kita lihat, baca maupun dengar. Contoh dari web browser adalah Internet Explorer, Netscape, Firefox, Opera, Safari, Chrome, dll.

HTML mempunyai file perluasan (extention) “.html” atau .”htm”. Dimana perluasan tersebut adalah sama, jadi anda boleh menyimpan file dokumen HTML dengan extention .html maupun .htm.

<html>
<head>
<title>Title Website</title>
</head>
<body>
Ini adalah web html pertama Anda
</body>
</html>

Perintah dalam dokumen HTML terdiri dari berbagai struktur penyusun, seperti tag, elemen, atribut dan nilai. Tag terdiri dari lambang-lambang khusus seperti: “<” , “>” dan “/” ,untuk menuliskannya di dalam dokumen HTML dimulai dengan tag pembuka “<..>” dan diakhiri dengan tag penutup “</..>”, kemudian di dalam tag tersebut terdapat teks seperti contoh diatas: html, head, title, body dan yang lainnya ini disebut dengan elemen HTML.

Elemen HTML kemudian ada yang memiliki atribut dan nilai tertentu, seperti contoh untuk membuat warna latar belakang (background): <body bgcolor=”0000ff”> ,body merupakan elemen, bgcolor merupakan atribut dan 0000ff merupakan nilai (value).

Elemen HTML mempunyai tiga hal penting yaitu: tag pembuka, isi dan tag penutup. Sebagai contoh: elemen HTML mempunyai tag pembuka “<html>” dan tag penutup “</html>” dan yang berada di antaranya merupakan isi atau konten dari elemen html tersebut. Untuk menuliskan elemen HTML dapat menggunakan huruf besar maupun huruf kecil. Contoh: <HTML> , <Html> , <html> semuanya adalah sama.

No comments:

Post a Comment